Menggunakan Sunblock

Sunblock sangatlah penting apabila kita sering beraktivitas di luar ruangan, sebab Sinar Ultraviolet (UV) adalah sinar tidak tampak yang merupakan bagian energi yang berasal dari matahari. Sinar UV dapat membakar mata, rambut, dan kulit jika bagian tubuh tidak dilindungi, atau jika Anda terlalu banyak terkena sinar matahari. Sunblock atau tabir surya ini merupakan upaya untuk melindungi kulit manusia dari bahaya radiasi yang dihasilkan dari paparan sinar matahari. Sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini dan sinar UVB yang menyebabkan terbakarnya lapisan kulit luar tidak akan mengenai kulit.

Bahaya Sinar UV pada Kulit
Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit, akan menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan. Kulit jadi cepat berkerut dan timbul bercak-bercak hitam yang kita kenal sebagai flek hitam. Sinar UV juga bisa membuat kulit tidak mulus karena menebal atau menipis. Bisa juga muncul benjolan-benjolan kecil yang ukurannya bervariasi. Benjolan-benjolan atau flek pada kulit bisa berkembang menjadi tumor jinak bahkan kanker kulit. Khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari atau sering berjemur di pantai. Tidak heran bila bintik awal kanker kulit timbul di bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, kepala, tangan dan bagian yang banyak terpapar sinar matahari.Sinar Matahari tidak sepanjang hari merusak kulit, sebelum pukul 09.00 pagi justru penting untuk tulang. Kita justru harus waspada pada pancaran sinar yang berlansung sejak pukul 09.00 hingga 15.00, sebab disaat waktu tersebut sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak kulit.

Meski di dalam ruangan, bukan berarti kulit tidak bisa terkena matahari, karena sinar UV dapat menembus kaca jendela. Itulah sebabnya mengapa kulit harus terlindung dari paparan sinar matahari.
Meskipun matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang besar, namun memiliki dampak negatif jika kulit tidak terlindungi dengan tepat.

Sepintas kita sudah mengetahui bahwa sunblock berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar matahari langsung. Namun secara detail kita akan membahas sejauh mana manfaat sunblock untuk kulit manusia. Berikut penjelasannya :

1. Terhindar dari Bahaya Paparan Radiasi Sinar Matahari Langsung

Seperti yang kita ketahui bahwa sunblock dapat memblokir sinar matahari sebelum efek negatifnya mengenai permukaan kulit. Sehingga kesehatan dan kecantikan kulit akan tetap terjaga secara optimal.

2. Terhindar dari Kerusakan Jaringan Kulit

Kulit yang terpapar sinar matahari secara langsung sangat berpotensi mengalami kerusakan jaringan kulit apabila terjadi dalam intensitas tinggi dan dalam jangka waktu yang lama. Namun penggunaan sunblock dapat melindungi lapisan kulit yang berada dibawah terik matahari.

3. Mencegah Terjadinya Masalah Penuaan Dini

Kulit manusia mempunyai tingkat perlindungan yang tidak begitu tinggi apabila berada dibawah terik matahari langsung. Ancaman bahaya paparan sinar matahari dapat membuat kulit mengalami penuaan dini apabila tidak dilindungi secara benar.

4. Menjaga Elastisitas dan Kelembaban Kulit

Kulit yang berada dibawah terik sinar matahari langsung tanpa dilindungi oleh sunblock sangat rentan mengalami masalah seperti kulit kering bahkan terbakar. Hal ini karena paparan sinar UVB yang berdampak buruk jika mengenai permukaan kulit manusia.

5. Menjaga Tone Warna Kulit

Beragam variasi produk sunblock menawarkan kandungan yang berkhasiat menjaga tona warna kulit supaya terhindar dari kekusaman bahkan noda-noda hitam yang muncul akibat sinar matahari. Bahkan terdapat juga produk sunblock yang tidak hanya mempertahankan tona warna kulit saja, namun dapat mencerahkan warna kulit.

Kandungan whitening pada sunblock ini mungkin akan membantu proses pencerahan tone kulit. Namun perlu kita ketahui bahwa fungsi dan cara kerja antar produk, tidak dapat digantikan antara satu dengan lainnya. Jadi, untuk memutihkan kulit, kita juga perlu memakai produk whitening setelah pemakaian sunblock supaya mendapatkan hasil yang optimal.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hide Top Background Image

Slider Style Setting

Search This Blog

Home Style Widget

Pinterest Gallery

featured Slider

Instagram Shots

Tweet Tweet

Like us

Sponsor